About Me

header ads

CONTOH LAPORAN KEGIATAN PENGEMBANGAN DIRI

PELATIHAN GURU SASARAN KELAS 4 IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SD.

Guru sebagai tenaga profesional mempunyai fungsi, peran, dan kedudukan yang sangat penting dalam mencapai visi  pendidikan yaitu menciptakan insan Indonesia cerdas dan kompetitif. Oleh karena itu, profesi guru harus dikembangkan sebagai profesi yang bermartabat sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Konsekuensi dari jabatan guru sebagai profesi, tidak cukup bila guru hanya melakukan tugasnya mengajar, membimbing dan mendidik para siswanya, melainkan harus selalu mengembangkan profesinya tersebut. Pengembangan terhadap profesi guru tersebut hendaklah dilaksanakan secara terprogram dan berkelanjutan, melalui kegiatan Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo merupakan salah satu kegiatan yang dirancang untuk  mewujudkan terbentuknya guru yang profesional. Salah satu jenis kegiatan PKB adalah Pengembangan Diri.

Kegiatan Pengembangan Diri tersebut dapat dilakukan melalui dua jenis kegiatan, yaitu: (1) Mengikuti kegiatan  Diklat. Menyadari akan berbagai kekurangan yang ada penulis, maka untuk meningkatkan profesionalisme yang penulis rasakan masih kurang, selama tahun pelajaran 2013/2014 ini penulis telah ditugaskan oleh Kepala SD Negeri untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, yakni Kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Sidoarjo. Sebagai tanggung jawab atas tugas yang telah diberikan kepala madrasah kepada penulis untuk mengikuti kegiatan pengembangan diri, dan sekedar untuk mengimbaskan hasil yang penulis peroleh selama mengikuti kegiatan pengembangan diri tersebut, maka penulis pandang perlu untuk menuliskan laporan kegiatan ini.

  • Tujuan
  1. Meningkatkan kesadaran akan pentingnya pengembangan sumber daya manusia
  2. Menemukan format kurikulum pendidikan yang tepat bagi pembelajaran 
  3. Peserta dapat mengimplementasikan hasil Diklat ke dalam proses belajar mengajar
  4. Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan guru  mampu  melaksanakan  tugas  sesuai  dengan  tuntutan  kompetensi  lulusan,  isi, proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013.
  • Manfaat yang diharapkan dari kegiatan pengembangan diri ini antara lain adalah sebagai berikut:
  1. Bagi siswa:
    Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan siswa dalam proses belajar secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga siswa dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri berbagai pengetahuan yang dipelajarinya. Melalui pengalaman langsung siswa akan memahami konsep-konsep yang mereka pelajari dan menghubungkannya dengan konsep lain yang telah dipahaminya dan Dalam pembelajaran tematik juga sangat berkaitan dengan psikologi perkembangan peserta didik dan psikologi belajar.
  2. Bagi guru:
    Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan guru  mampu  melaksanakan  tugas  sesuai  dengan  tuntutan  kompetensi  lulusan,  isi,  proses pembelajaran, dan penilaian Kurikulum 2013.
  3. Kepala SD Negeri
    Setelah mengikuti kegiatan pelatihan implementasi kurikulum 2013 diharapkan kepala madrasah  mampu  mengerahkan  sumber  daya  yang  dimiliki  dalam  rangka  menjamin keterlaksanaan implementasi Kurikulum 2013.

Silakan unduh Laporan Pengembangan Diri K13 Disini

Post a Comment

0 Comments