About Me

header ads

LAPORAN KEGIATAN PROGRAM PENGUATAN INDIVIDUAL KEPALA SEKOLAH (PPIKS)

Laporan Kegiatan Program Penguatan Individual Kepala Sekolah (PPIKS)
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang standar Kepala Sekolah menegaskan bahwa seorang kepala sekolah harus memiliki lima dimensi kompetensi minimal yaitu kompetensi kepribadian, manajerial, kewirausahaan, supervisi, dan sosial. Untuk memiliki ke lima dimensi tersebut diperlukan upaya pembelajaran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah secara mandiri maupun melalui program yang telah dirancang oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 

Dalam rangka menjamin mutu sekolah, maka diperlukan seorang kepala sekolah yang memiliki komitmen dengan hasil kerja minimal baik, hal ini mengisyaratkan pentingnya penyiapan program yang dapat mendukung terwujundnya kinerja yang memenuhi standar tersebut. Salah satu dimensi kompetensi kepala sekolah/madrasah adalah kewirausahaan. Kewirausahaan dalam hal ini bermakna untuk kepentingan pendidikan yang bersifat sosial bukan untuk kepentingan bisnis yang mengkomersilkan sekolah/madrasah.

Kewirausahaan dalam bidang pendidikan yang diambil adalah karakteristiknya (sifatnya) seperti inovatif, bekerja keras, motivasi yang kuat, pantang menyerah, kreatif untuk mencari solusi terbaik, dan memiliki naluri kewirausahaan. Semua karakteristik tersebut bermanfaat bagi Kepala sekolah/madrasah dalam mengembangkan sekolah/madrasah, mencapai keberhasilan sekolah/madrasah, melaksanakan  tugas pokok dan fungsi, menghadapi kendala sekolah/madrasah, dan mengelola kegiatan sekolah/madrasah sebagai sumber belajar siswa. 

   

Tujuan PPIKS merupakan salah satu dari serangkaian progam peningkatan kualitas pendidikan yang berfokus pada peningkatan kinerja Kepala Sekolah. Dengan tujuan pengembangan kewirausahaan bagi kepala sekolah adalah 
  1. Merancang inovasi dan menciptakan gagasan kreatif untuk  pengembangan sekolah.
  2. Merancang dan menerapkan strategi dalam membangun budaya bekerja keras.
  3. Menunjukkan naluri kewirausahaan dan menetapkan target-target pencapaian menuju sukses.
  4. Memperhitungkan resiko dan bersikap pantang menyerah dalam menghadapi permasalahan serta merumuskan alternatif solusi permsalahan yang dihadapi sekolah.
  5. Membangun kemandirian dan dapat memanfaatkan peluang untuk memaksimalkan kegiatan sekolah.

Program Penguatan Individu Kepala Sekolah (PPIKS) adalah serangkaian kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kinerja kepala sekolah secara individu.Kewirausahaan adalah kemampuan menciptakan sesuatu yang baru secara kreatif/inovatif dan kesanggupan hati (qolbu) untuk mengambil resiko atas keputusan hasil ciptaannya serta melaksanakannya secara terbaik (sungguh-sungguh, ulet, gigih, tekun, progresif, pantang menyerah, dsb.) sehingga nilai tambah yang diharapkan dapat dicapai. Jadi, seorang wirausahawan memiliki kemampuan untuk memikirkan sesuatu yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain (prinsip kreatif dan inovatif) dan hasilnya adalah buah pikiran yang asli dan bukannya replikasi, baru dan bukannya meniru, memberi kontribusi dan bukannya membuat rugi. Catatan: kreatif berarti menghasilkan daya cipta karena belum pernah ada sebelumnya; inovatif berarti memperbaiki/ memodifikasi/ mengembangkan sesuatu yang sudah ada. 


Silakan Tonton Video Kegiatan PPIKS OJL 1 dibawah ini:
Link Unduh

Post a Comment

3 Comments