About Me

header ads

CONTOH SENAM IRAMA "GERAK RITMIK"

Senam irama adalah salah satu bentuk senam modern yang biasa dilakukan oleh kaum wanita. Tetapi dari tahun ketahun ada peningkatan, untuk kaum pria juga bisa melakukan gerakan senam irama ini.
Biasanya senam ini diiringi oleh musik dan disertai gerakan-gerakan senam, dari gerakan pemanasan, inti dan pendinginan. Nah, contohnya seperti gerakan zumba, aerobic , kagel dan masih banyak lagi contohnya.

Kami di sini akan mencoba memberikan beberapa materi mengenai senam ini. Untuk itu simak yah ulasan yang kami berikan dibawah ini. Yuk langsung saja simak ulasannya. Selamat membaca.....


PENGERTIAN SENAM IRAMA
Senam irama merupakan gerakan senam ataupun bebas yang dibarengi dengan musik atau nyanyian sesuai dengan irama yang mengikutinya. Adapun unsur-unsur yang terdapat dalam senam ini. Meliputi : Keluwesan, kesinambungan gerakan dan ketepatan irama. Rangkaian senam irama dapat dilakukan dengan cara berjalan, berlari, melompat, loncat serta ayunan dan putaran tangan. Pengertian lain menjelaskan senam ini merupakan senam yang dipertandingkan dalam olempiade dan pertandingan senam internasional. Sementara itu senam aerobik misalnya merupakan senam yang dilakukan sekedar untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dimana dalam senam ini sekelompok peserta melakukan gerakan senam dengan dpandu oleh seorang pemandu senam.Sejauh ini senam tersebut hanya dilakukan atau diperuntukan oleh kaum hawa. 

Namun akhirnya jepang memulai mempelopori untuk menciptakan nomor putra dalam senam irama meski hal ini masih berlaku di kalangan jepang saja. Kenapa senam ini didominasi oleh kaum hawa? Pertama-tama karena senam ini dilahirkan di eropa oleh beberapa pakar yang justru merupakan pakar di bidang seni. Dalam perkembangannya, senam irama sangat banyak mengadopsi gerakan baleet dan waktu itu tari balet ini juga identik dimiliki oleh kaum hawa. Hal ini berlangsung turun temurun sehingga senam irama yang awalnya memamng dilakukan oleh kaum hawa, Menjadi identik Sebagai kegiatan olahraga kaum hawa dan sampai sekarang telah menjadi tradisi yang demikian

SEJARAH SENAM IRAMA

Sejarah senam irama bermula dari gagasan jean-georges noverre ( 1727-1810 ) Francois Delsarte (1811-1871) dan Rudolf bode ( 1881-1970 ). Ketiganya percaya atas pentingnya ekspresi gerak dimana seseorang menggunakan tubuhnya untuk menciptakan keindahan melalui rangkaian gerak tertentu. Gagasan tersebut kemudian dikembangkan oleh Peter Henry Ling pada abad ke-19 dalam suatu sistem latihan yang disebut sebagai swedish system ( sistem swedia ). Dari gerakan yang bebas yang kemudian dipromosikan sebagai Gymnastik Estatis yang mana seorang atlet  mengekspresikan dirinya, emosi dan perasaannya melalui pergerakan tubuh. Ide tersebut kemudian dikembangkan lagi oleh catharine beecher, pendiri western female institute di ohio amerika serikat pada tahun 1837. Dalam program latihan yang diciptakan beecher ini yang dikenal dengan istilah grace without dancing. Pesenam Perempuan berlatih dengan menggunakan musik mulai gerakan sederhana menuju gerakan kompleks. Semenjak itulah mulai bermunculan para pelopor  gagasan mengenai tubuh, ekspresi tubuh, gerak dan musik dengan berbagai jenis gaya. 

Kemudian pada tahun 1900, semua jenis gaya tersebut dikombinasikan di sekolah Gymnastic Rhytmic Swedia dan setelahnya banyak juga sekolah0sekolah gymnastik yang mengembangkan hal serupa. Pada tahun 1929. Hinrich medau  mendirikan sekolah di berlin dan menciptakn gagasan gymnastik modern yang memiliki perbedaan yang mendasar dari gaya-gaya sebelumnya. yakni medau menciptakan suatu sistem gerak senam artistik dengan menggunakan alat ( bola, pita, tali, gada, dan simpai ) sehingga senam ini mulai terlihat berbeda dengan pertunjukan balet kontemporer, tari atau akrobat. Kompetisi senam irama dimulai pada tahun 1940 di rusia. Fig sendiri kemudian memasukkan senam irama sebagai salah satu cabnag senam pada tahun 1961. Mula-mula senam ini bernama modern gimnastik, lalu berubah menjadi olahraga gimnastik ritmis, dan berakhir berubah menjadi senam irama atau gimnastik ritmis

Pertandingan internasional pertamakali dicabang ini untuk atlet individual di mulai di budapest pada tahun 1963, sementara pertandingan grup mulai ada pada kompetisi di copenhagen denmark pada tahun 1967. Salah satu tokoh penting yang pemikirannya dipraktikan dalam senam irama saat ini adalah Hinrich medau yang telah melakukan berbagai evolusi dalam senam irama dan melahirkan gagasan senam irama dengan menggunakan alat sebagaimana yang bisa kita temui dalam kompetisi senam irama saat ini

MANFAAT SENAM IRAMA
Salah satu efek dari senam ini membuat tubuh atlet terjaga kesehatan dan kebugarannya. Selain itu, tubuh atlet senam irama pada umumnya terjaga proporsinya, siap, tegap, fleksibel, lentur, luwes, olahraga mengecilkan perut serta penuh energi.

Meski demikian, manfaat senam ini tak hanya dirasakan oleh para pesenamnya bagi penonton, senam ini memberikan kesenangan tersendiri dan bahkan mampu menstimulus penonton untuk rajin berolahraga.

Tiap-tiap bentuk koreografi dalam senam ini berfungsi sebagai medan referensi dan pengetahuan tentang kemungkinan gerak tubuh.

VIDEO GERAKAN DASAR SENAM IRAMA

1. SENAM PGRI


2. SENAM UKS


3. SENAM MERAIH BINTANG


4. SENAM PRAMUKA

Post a Comment

0 Comments